Untuk melakukan tugas penting ini, UI Designer harus memahami dan menerapkan kaidah UI design. Pada buku berjudul “Industrial Control Technology: A Handbook for Engineers and Researchers” oleh Peng Zhang pada bagian Design of Human-Machine Interactions.
Dipaparkan beberapa principle desain untuk meningkatkan kualitas dari human-machine interface design yaitu:
1. The Structure Principle
Desain harus mengorganisir UI dengan maksud dan tujuan tertentu, yang berarti bahwa UI harus meaningful dan useful namun tetap mengedepankan sisi clear design. Selain itu, design juga memiliki model yang konsisten dan mudah dipahami user. UI Designer harus pandai dalam memposisikan elemen, seperti meletakkan elemen-elemen yang berkaitan, berdekatan satu sama lain dan memisahkan elemen-elemen lain yang tidak saling berhubungan.
2. The Simplycity Principle
UI designer harus mampu membuat desain yang simple serta mudah di pahami terlebih untuk elemen atau fitur yang umum ada pada aplikasi seperti notification atau inbox, profile account dan settings. Desain harus mampu dikomunikasikan dengan jelas dan simple berdasarkan apa yang user pahami.
3. The Visibility Principle
UI design harus mengakomodir seluruh opsi yang mungkin terjadi saat user menggunakan aplikasi tanpa mengganggu experience user dan tanpa adanya informasi redundant kecuali apabila informasi yang redundant tersebut dibutuhkan user pada step selanjutnya dalam mencapai suatu goals. UI Designer harus mampu membedakan apakah informasi redundant benar-benar dibutuhkan dikemudian waktu atau tidak.
4. The Feedback Principle
UI design harus membuat user tetap terinformasi atas keadaan apapun, keadaan ketika mereka melakukan suatu action, keadaan ketika terjadi error dan keadaan-keadaan lainnya. Keadaan ini harus terinformasi dengan jelas, ringkas, tidak ambigu dan dengan kata-kata yang familiar bagi user.
5. The Tolerance Principle
Design harus bersifat flexible dan toleran atau mampu menyesuaikan dengan berbagai kondisi yang akan dihadapi user agar mengurangi penyalahgunaan atau penggunaan yang keliru serta meminimalisir user untuk berhenti melanjutkan aktifitasnya pada aplikasi. Design harus mampu mencegah user melakukan kesalahan dengan mentoleransi berbagai macam inputan yang relevant.
6. The Reuse Principle
Design harus menggunakan elemen yang sama untuk keperluan atau tugas yang sama atau mirip. Tujuannya adalah untuk mempertahankan konsistensi, namun tetap sesuai dengan kebutuhan dan tidak terkesan membosankan, dan yang paling penting user tidak perlu memikirkan kembali atau menggingat elemen tersebut.
Sumber Referensi : medium