Cara Mudah Menentukan Pilihan Antara Blog Satu Niche Dan Blog Campuran

Banyak dari kalian khususnya yang baru memulai menulis di Halaman Blog, untuk menentukan topik apa yang ingin kalian tulis di halaman tersebut. Karna ada istilah yang umum digunakan yaitu menentukan Niche tertentu misalnya artikel mengenai motor, mobil, rumah, kesehatan, game saja atau membuat nya menjadi topik campur atau istilah kata gado-gado.

Jadi Niche blog adalah sebuah tema atau topik pembahasan di suatu blog. Sebagai blogger, Anda bisa memilih konten sesuka hati. Dengan fokus pada sebuah niche, website atau blog dianggap memiliki nilai lebih. Tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user.

Saya sendiri sebelumnya hanya menetukan Niche mengenai topik dunia teknologi yang hanya membahas hanya seputar teknologi komputer saja dan ternyata teknologi itu luas bukan nya sebatas komputer saja namun teknologi lain seperti smartphone, robotika, atau semacamnya dan begitu juga dengan informasi.

Untuk menentukan topik apa yang ingin kalian tulis apakah hanya niche tertentu atau campuran isi topik artikel alias gado-gado. Berikut saya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan Blog Satu Niche dan Blog Campuran.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Satu Niche dan Blog Campuran

Kelebihan Blog Satu Niche

1. Memiliki Identitas yang Jelas
Maksud memiliki identitas yang jelas adalah, saat pengunjung membuka blog atau home page blog kita pasti akan tau bahwa blog ini hanya memiliki 1 topik pembahasan saja dan lebih memperdalam tentang pembahasan pada topik tersebut. Biasanya para pembaca lebih menyukai blog yang memiliki niche yang jelas dan tidak bercampur aduk dengan topik lain.

2. Memiliki Kesempatan Besar untuk berada di Page One Mesin Pencarian
Jika kalian memiliki satu niche pembahasan, tentunya akan lebih kuat berada di search engine, karena artikel yang satu dan yang lainnya saling berhubungan. Dimana beberapa kata kunci yang di gunakan dapat tampilkan artikel di page one mesin pencari karena memiliki hubungan.

3. Memiliki Visor yang Setia
Blog satu niche tentu saja mendapatkan beberapa pengunjung setia yang sering berkomentar di blog dan sering bolak balik untuk melihat postingan terbaru yang dikeluarkan oleh blog tersebut.Tentunya saja tidak akan bisa mendapatkan pengunjung setia jika membuat blog gado-gado atau asal-asalan saja.

Kekurangan Blog Satu Niche

1. Kesulitan Untuk Menulis
Sebenarnya hampir sama pada poin pertama, dimana kita akan kesulitan untuk mendapatkan ide karena pengetahuan yang terbatas tentang niche tersebut, yang pada akhrnya kita hanya mentok pada beberapa paragraf saja.

2. Jarang Update Artikel
Coba Kalian Perhatikan Blog yang mempunyai 1 niche saja !, tentunya kebanyakan dari mereka jarang mengupdate artikel mereka. Jika artikel pada blog kalian sudah mencapai ratusan postingan biasanya kalian akan sulit untuk mencari topik topik apa lagi yang akan kalian bahas. 

Hal ini sering terjadi, yang biasa menulis 2 sampai 4 postingan dalam sehari, namun pada akhirnya jarang untuk menulis artikel karena kesulitan untuk mendapatkan ide.

3. Persaingan Antar Blog Niche
Ini Suatu Hal yang tidak bisa dipungkiri kalo membuat blog niche tertentu yaitu suatu persaingan kalo anda update artikel secara teratur dan topik artikel nya juga banyak di cari orang anda adalah raja, tapi udah males update artikel lalu topiknya juga udah sering dibahas sama Blog Niche lain, siap artikel yang anda publish tengelam di mesin pencarian.

Kelebihan Blog Campuran

1. Topik lebih Beragam
Yang dimaksud dengan topik yang lebih beragam ini adalah pembahasan pada blog tidak hanya itu-itu saja, kadang pembaca juga merasa bosan karena hanya membahas satu topik itu saja dan anda lebih bebas menulis artikel yang anda mau.

2. Lebih Mudah untuk Update Artikel
Karena banyaknya ide dan pengetahuan yang kita miliki tentunya akan lebih mudah untuk mencari judul atau topik pembahasan. Dengan banyaknya ide atau pembahasan ini pula tentunya kita akan lebih mudah untuk mengupdate artikel tiap hari. 

3. Memiliki Visitor yang Lebih Banyak dari Berbagai Kalangan
Karena blog memiliki topik yang beragam tentunya akan mendapatkan pengunjung yang beragam pula atau dengan kata lain mencakup pengujung yang lebih luas atau banyak.

Kekurangan Blog Campuran

1. Tidak Memiliki Identitas yang Jelas
Beda hanya dengan blog yang memiliki satu niche saja, blog campuran alias gado-gado tidak memiliki identitas yang jelas dalam membuat topik pembahasan karna artikel yang ditulis cukup beragam.

2. Kesulitan untuk Mendapatkan Posisi Teratas di Mesin Pencari
Blog yang memfokuskan pada satu niche tentunya akan lebih dapat bersaing di mesin pencarian. Namun hal ini sebenarnya masih menjadi tanya tanya. Karena banyak dari beberapa blogger campuran alias gado-gado yang membuat artikel berkualitas juga dapat bersaing di page one search engine.

3. Pengaruh Kepenghasilan Adsense
Kalo menurut rumor yang beredar katanya sih penghasilan dari blog satu niche ini lebih baik ketimbang blog campuran, alesannya iklan adsense ini menyesuaikan konten iklan dan dengan artikel yang dibahas. 

Pengalaman Membuat Blog Niche

Sudah mempertimbangkan mana yang mau dipilih, sedikit curhat dulu saya dan 2 orang teman saya membuat 1 akun blogger dengan 3 halaman website blogger yang berbeda dengan 1 akun adsense terkait dan dengan 3 penulis. 

Masing-masing blog yang di kelola 1 penulis dengan Niche tertentu, di awal perjalanan berjalan lancar 1 hari 3 buah artikel dimasing-masing blog. Penghasilan adsense berjalan dengan baik beberapa bulan setelah.

Namun kian hari satu teman saya kehabisan ide menulis artikel dan main asal copas artikel orang dan tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan akun adsense kami waktu itu, jadi berat hati satu blog harus dihapus dan satu teman saya terpaksa keluar jadi penulis. 

Tinggal kita berdua, teman saya yang satu ini rajin banget update artikel entah hobi atau pengen dapet keuntungan semata dari adsense, nah saya sendiri sibuk dengan dunia nyata saya seheingga lupa update artikel di blog niche saya. Jadi berat hati itu blog dan akun adsense nya resmi 100% jadi punya temen, karna saya sudah gak bisa ngelola penghasilan lagi dari situ.

Pilihan Membuat Blog Campuran

Sekian tahun berlalu saat perkuliahan salah satu dosen saya bertanya kemahasiswa setelah jam perkuliahan, dia bilang ada yang bisa bantu buat Halaman Website Blogger, lalu beberapa orang mahasiswa mengangkat tanggan,saya hanya menyimak saja. 

Lalu si dosen bilang lagi kemahasiswa yang tunjuk tangan tadi bisa buat Halaman Website Blogger dengan TLD (Top Level Domain) dengan desain tampilan seperti ini, lalu menulis beberapa artikel dan upload file dokumen ke Google Drive biar bisa di download dari halaman blog, nanti saya beri imbalan. Ternyata diluar dugaan ternyata teman-teman saya mengurungkan niatnya.

Saya sebenernya gak mau ikutan tapi pas liat desainnya saya jadi tertarik karna saya punya backup template seperti itu tinggal di edit html dan css dikit dan tambah widget, daftar TLD sama nulis beberapa artikel niche yang di mau, selesai dan dapat upah. 

Terus saya memberanikan diri untuk mau ambil project itu sambil ngajak satu temen saya buat bantu itu dosen nyalin artikel mana aja yang di mau di tulis di blog dan dokumen mana aja yang mau di upload. Meski harus beberapa hari ngerjain itu akhirnya sih selesai juga.

Setelah dapet upah dari project tadi saya kepikiran untuk menulis kembali di blog dengan membuat artikel campuran alias gado-gado lalu saya kaitkan dengan akun adsense baru. Saya berfikir sekali menyelam minum air bebas menulis artikel apapun. 

Yang saya mau sambil mendapat sedikit imbalan dari adsense saya gak perduli berapapun visitor di blog saya dan penghasilan di adsense saya, Yang penting artikel yang saya buat bermanfaat bagi orang lain.

Nah jadi kalian sudah mau menentukan ingin membuat Blog Satu Niche atau Membuat Blog Campuran alias Gado-gado, sekian dari saya semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan mohon maaf bila ada salah kata di penulisan. Sampai Jumpa dan Terima kasih